Seminar Nasional: Peran Sumber Daya Manusia (SDM) Kesehatan dalam Pencapaian MDG’s Tahun 2015

dari kiri ke kanan: Soemengen Soetomoe, Dr.PH, Sumengen Sutomo, SKM,M.PH, Dr.PH (Manajemen Pembangunan Kesehatan), dr. Nurmadi Saleh (KIA-KESPRO), Dr.dr. Boy Subirosa Sabarguna, MARS (Manajemen Rumah Sakit), H. Suroyo (Yayasan Helvetia), dr. Hj. Razia B. Suroyo, M.Sc, M.Kes (Yayasan), Prof. Dr. Soekidjo Notoatmodjo (Promkes)

Narasumber dan Yayasan (kika): dari kiri ke kanan: Soemengen Soetomoe, Dr.PH, Sumengen Sutomo, SKM,M.PH, Dr.PH, dr. Nurmadi Saleh, Dr.dr. Boy Subirosa Sabarguna, MARS, H. Suroyo, dr. Hj. Razia B. Suroyo, M.Sc, M.Kes, Prof. Dr. Soekidjo Notoatmodjo

SEMINAR NASIONAL “Peran Sumber Daya Manusia (SDM) Kesehatan dalam Pencapaian MDG’s Tahun 2015” dengan Pembicara Prof. Dr. Soekidjo Notoatmodjo (Promkes), Sumengen Sutomo, SKM,M.PH, Dr.PH (Manajemen Pembangunan Kesehatan), Dr.dr. Boy Subirosa Sabarguna, MARS (Manajemen Rumah Sakit), dr. Nurmadi Saleh (KIA-KESPRO) pada Hari jumat, 13 April 2012, pukul 09.00-16.00wib.

Prof. Dr. Soekidjo Notoatmodjo, M. Com Berbicara dalam Seminar Nasional di Aula Helvetia

Prof. Dr. Soekidjo Notoatmodjo, M. Com Berbicara dalam Seminar Nasional di Aula Helvetia

SEMINAR NASIONAL ini Memilki Bobot Nilai 4 SKP (Satuan Kredit Profesi) Sesuai Surat Keputusan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI PUSAT) No. 080/IAKMI PUSAT/SKP-IV/2012.

Lokarya dan Seminar Nasional ini diikuti sebanyak 850 peserta yang terdiri atas mahasiswa S1 dan S2 Kesehatan Masyarakat, D4 Bidan Pendidik, Keperawatan, D3 Kebidanan, dan Dosen, serta berbagai mahasiswa di Peguruan Tinggi di Sumatera Utara.

Dalam Lokarkaya dan Seminar Nasional ini masing-masing pembicara menyampaikan pandangan-pandangan, strategi yang dapat dilakukan untuk dapat mencapai sasaran dan tujuan yang diharapkan oleh MDG’s.

Peserta Seminar Berphoto bersama Narasumber

Peserta Seminar Berphoto bersama Narasumber

Berikut ini adalah Sasaran Pembangunan Milenium (bahasa Inggris : Millennium Development Goals atau disingkat dalam bahasa Inggris MDGs) adalah Deklarasi Milenium hasil kesepakatan kepala negara dan perwakilan dari 189 negara Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) yang mulai dijalankan pada September 2000, berupa delapan butir tujuan untuk dicapai pada tahun 2015. Targetnya adalah tercapai kesejahteraan rakyat dan pembangunan masyarakat pada 2015. Target ini merupakan tantangan utama dalam pembangunan di seluruh dunia yang terurai dalam Deklarasi Milenium, dan diadopsi oleh 189 negara serta ditandatangani oleh 147 kepala pemerintahan dan kepala negara pada saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Milenium di New York pada bulan September 2000 tersebut. Pemerintah Indonesia turut menghadiri Pertemuan Puncak Milenium di New York tersebut dan menandatangani Deklarasi Milenium itu. Deklarasi berisi komitmen negara masing-masing dan komunitas internasional untuk mencapai 8 buah sasaran pembangunan dalam Milenium ini (MDG), sebagai satu paket tujuan yang terukur untuk pembangunan dan pengentasan kemiskinan. Penandatanganan deklarasi ini merupakan komitmen dari pemimpin-pemimpin dunia untuk mengurangi lebih dari separuh orang-orang yang menderita akibat kelaparan, menjamin semua anak untuk menyelesaikan pendidikan dasarnya, mengentaskan kesenjangan jender pada semua tingkat pendidikan, mengurangi kematian anak balita hingga 2/3 , dan mengurangi hingga separuh jumlah orang yang tidak memiliki akses air bersih pada tahun 2015.